Selasa, 28 Mei 2019

MARI JO KA DESA PANGU


Sebagai salah satu desa yang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, Desa Pangu Satu dikenal bukan hanya sebagai pintu gerbang Kabupaten Minahasa Tenggara tapi juga terkenal dengan potensi pertanian yang melimpah. Salah satu hasil pertanian dari Desa Pangu yang paling terkenal adalah buah Salak. Buah salak merupakan komoditi utama di desa Pangu.  Salak dari desa Pangu terkenal akan rasanya dan teksturnya yang khas. Salak juga bisa dijadikan jus atau manisan. Semua komponen buah salak dapat diolah kembali menjadi makanan ringan ataupun kopi. Salah satunya adalah dodol salak. Dodol salak adalah salah satu produk makanan dari salak yang terkenal di Indonesia tapi juga diluar negeri





Selain buahnya yang diolah menjadi dodol, salak inipun dapat diolah menjadi produk kopi yang diambil dari biji salak itu sendiri. Produk kopi ini dikenal dengan KOBISA atau Kopi Biji Salak. Kopi ini memiliki aroma nikmat dank khas. Selain itu KOBISA ini memiliki manfaat  juga dapat menyembuhkan hipertensi dan asam urat.

Hasil pertanian dari desa Pangu lainnya yang sudah dikenal masyarakat adalah Gula Merah atau Gula Aren. Terdapat dua macam gula aren yakni yang berupa gula pasir/bubuk yang dikenal dengan gula semut  dan dari cetakan batok kelapa. Gula aren ini diproduksi oleh masyarakat desa pangu sendiri. Gula aren dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis kue atau bisa juga sebagai tambahan pada kopi atau saraba.

Produk unggulan lain dari desa Pangu adalah Instan Jahe, temulawak, dan  kunyit. instan jahe dibuat berupa bubuk. Cara mengkonsumsi instan jahe ini adalah diseduh dengan air hangat. Manfaat dari instan jahe ini adalah sebagai penghangat tubuh, melegakan tenggorangan dan berbagai manfaat lainnya.
Selain produk makanan desa pangu juga terkenal dengan BOBITANG. Bobitang adalah salah satu kerajinan tangan yang dibuat dari rotan/bambu yang dianyam. Bobitang biasanya dibawah oleh masyarakat untuk kegiatan bertani. Bobitang digunakan dengan cara di dipikul atau di gendong untuk mengangkut hasil tani yang ada.


MARI JO KA PANGU :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MARI JO KA DESA PANGU

Sebagai salah satu desa yang mempunyai kekayaan alam yang luar biasa, Desa Pangu Satu dikenal bukan hanya sebagai pintu gerbang Kabupate...